Sekolah Kosgoro Menggunakan Sisdik

Sekolah Kosgoro (http://sma-kosgoro.sch.id) berlokasi strategis di pusat kota Bogor dengan jumlah siswa total hampir 2000 orang. Sekolah dengan wawasan keunggulan teknologi ini selalu berusaha untuk terdepan dalam penerapan teknologi unggul dalam kegiatan administrasi dan pendidikan terhadap siswa. Dengan visi seperti itu, SMP, SMA, dan SMK Kosgoro Bogor yang dinaungi oleh Yayasan Dharma Setia Kosgoro memilih menggunakan aplikasi Sisdik untuk mempermudah administrasinya.

Pada tahap awal, Kosgoro memilih menggunakan Sisdik untuk membantu mengelola kehadiran dan kepulangan siswa. Paket aplikasi yang digunakan adalah piket digital lengkap. Mulai dari interkoneksi mesin Fingerprint Reader dan mesin proxy Sisdik untuk mengirimkan data log fingerprint harian ke server, pengelolaan kehadiran oleh guru piket menggunakan interface web Sisdik yang sederhana dan mudah, pengiriman pemberitahuan SMS ke orang tua siswa dengan akurasi tinggi, dan laporan kehadiran siswa dengan grafik yang mudah dipahami oleh masing-masing wali kelas.

Grafik Kehadiran Siswa
Grafik Kehadiran Siswa

Semua elemen yang terkait di sekolah baik manajemen, guru, ataupun siswa dapat memiliki user yang dapat digunakan untuk menggunakan aplikasi paket digital Sisdik tersebut sesuai dengan porsinya. Contohnya guru piket memvalidasi kehadiran siswa setelah proses pengisian data dari mesin fingerprint sukses, orang tua/wali dan siswa dapat melihat informasi kehadiran siswanya saja, wali kelas dapat mengelola kehadiran untuk setiap kelas dalam perwaliannya, dan bagian kurikulum/admin dapat mengelola jadwal dan hari aktif kegiatan belajar mengajar. Selain itu, Sisdik juga memberikan kemudahan kepada setiap penggunanya dengan tampilan website yang responsive dapat tampil dengan baik dari monitor komputer layar besar hingga gadget telepon genggam dengan layar kecil.

Dengan sistem ini sekolah Kosgoro dapat memantau kehadiran dan kepulangan siswa didiknya secara cepat dan tepat. Berbagai jenis kenakalan remaja yang biasanya bermula dari membolos sekolah dapat dikontrol dan ditekan sekecil mungkin, sehingga lulusan sekolah Kosgoro lebih terjamin untuk menjadi anggota masyarakat yang berguna bagi lingkungan tempat tinggalnya dan negara pada umumnya.

Grafik Kepulangan Siswa
Grafik Kepulangan Siswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.